Welcome
Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan

22 Orang Ikut Operasi Katarak Gratis

KOTA – Sebanyak 22 warga mengikuti operasi katarak gratis di Puskesmas Sokorejo, Pekalongan Timur, Sabtu (8/11).
Kegiatan ini diselenggarakan Pemkot Pekalongan bekerjasama dengan Balai Kesehatan Indra Masyarakat (BKIM) Provinsi Jateng, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-50 tahun 2014.

Pasien yang mengikuti operasi katarak ini sebagian besar warga Kota Pekalongan. Tetapi ada pula dua orang warga Kabupaten Pekalongan. Mereka rata-rata merupakan warga tak mampu. Mereka ditangani oleh tim medis sekitar 10 orang dari BKIM yang terdiri dari dokter spesialis dan perawat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan dr. Dwi Heri Wibawa M.Kes mengatakan, sebenarnya sebelumnya ada 37 orang yang terdaftar sebagai peserta operasi katarak gratis. Tetapi setelah proses skrining, karena faktor kondisi kesehatan warga yang bersangkutan dan sebagainya, sehingga yang bisa mengikuti operasi ada 22 orang.

“Para warga ini menjalani operasi katarak secara gratis. Semuanya gratis, dari proses operasi sampai nanti perawatan pasca operasi,” ungkapnya.

Salah satu warga yang menjalani operasi, Pajanah (70), warga Baros, Pekalongan Timur, sangat berterimakasih dengan adanya operasi tersebut. Dia berharap setelah menjalani operasi tersebut, penghilatannya bisa normal kembali.

“Sekarang sudah lega, terimakasih sekali. Tadinya melihat sudah tidak jelas,” ungkap ibu satu anak yang semula bekerja sebagai pembatik tulis ini.

Sementara, Anifah (53), warga Medono, Pekalongan Barat, mengaku sangat terbantu dengan adanya operasi katarak gratis semacam itu. “Saya sudah kena katarak sekitar setengah tahun ini. Alhamdulillah, ada operasi gratis kayak gini.

Tadinya, nggak kepikiran untuk operasi, karena untuk berobat sendiri saja tidak mampu,” ungkap ibu satu anak ini.

Ia mengetahui informasi adanya operasi katarak gratis itu dari petugas Puskesmas Medono. “Saat ke puskesmas, saya dikasih tahu katanya ada operasi ini. Terus saya didaftarkan. Saya ke sini juga diantar petugas puskesmasnya,” tambahnya. (way)

sumber : radarpekalonganonline.com


Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar