Welcome
Selamat Datang DI Website Resmi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan

Uji coba Penggunaan e-KTP dan Finger Print di Puskesmas

Program ini merupakan bentuk pemanfaatan KTP Elektronik, Data Biometrik Sidik Jari dan NIK dalam proses pendaftaran pasien di Puskesmas. Dalam hal ini pasien yang mendaftar cukup : menempelkan KTP Elektroniknya pada alat e-KTP reader, menempelkan sidik jarinya (data biometrik) pada finger print, menyebutkan / menginput NIK (Nomor Induk Kependudukan). Maka data pasien yang ada di KTP Elektronik atau yang ada di server SIAK Disdukcapil, akan otomatis mengisi formulir Data Pendaftaran yang ada di SIM / Aplikasi yang digunakan di Puskesmas (SIKDA Generik, SIM SERUNI).

Saat ini di Puskesmas Kota Pekalongan terdapat 3 Aplikasi / SIM yang digunakan dalam proses pelayanan dan manajemen, yaitu : SIKDA Generik (dari Kemenkes RI), SIM SERUNI (Rujukan Online) antara Puskesmas dengan RSUD Kota Pekalongan (dari Pemkot Pekalongan), dan SIM P-Care (dari BPJS Kesehatan).

Selama ini, masing-masing menginput sendiri-sendiri biodata pasien di modul pendaftaran. Dengan adanya inovasi ini, maka 2 dari 3 SIM tersebut telah terintegrasi, yaitu SIKDA Generik dan SIM SERUNI, secara otomatis akan terisi datanya begitu pasien menempelkan KTP Elektroniknya dan Menempelkan sidik jarinya / menginput NIK-nya.

Uji coba penggunaan KTP Elektronik, Data Biometrik Sidik Jari dan NIK sebagai Single Indentity Number (SIN) untuk pelayanan di Puskesmas merupakan kerjasama antara Pemkot Pekalongan dengan BPPT. Saat ini uji coba masih dilakukan di Puskesmas Bendan, harapannya dapat segera direalisasikan di semua Puskesmas di Kota Pekalongan sehingga pelayanan dapat menjadi lebih baik.

Dengan inovasi ini harapanya, proses input data pada khususnya dan pemanfaatan aplikasi / SIM yang selama ini berbeda-beda, seperti SIKDA Generik, SIM SERUNI, SIM P-Care BPJS Kesehatan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas.


sumber : Diskominfo Kota Pekalongan


Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar