Welcome
Selamat Datang Di Website Resmi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan

Korban Banjir, Dinkes Siapkan Salep

Dinas Kesehatan menyiapkan obat gratis untuk menanggulangi warga jika diserang penyakit akibat banjir. Obat yang disiapkan Dinkes, diantaranya salep gatal, dan juga obat diare. Selain itu, Dinkes juga menyiapkan kaporit untuk pembersihan sumur-sumur warga pasca banjir.

“Kalau saat banjir kami siapkan salep gatal dan obat diare bagi warga yang terserang. Warga bisa minta itu gratis, tapi melalui kader. Kader nanti yang akan minta ke puskesmas. Obat itu sudah kami siapkan dan bisa diambil secara gratis bagi warga yang wilayahnya masih digenangi banjir,” ucap Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr. Dwi Heri Wibawa, M.Kes kemarin.

Dirinya mengatakan, memang masih ada wilayah yang tergenangi air seperti Pabean dan Pasirsari. Namun genangan air disana bukan murni karena banjir akibat air hujan yang lalu. Melainkan juga karena air rob. “Itu disana memang masih ada rob,” tambahnya.

Dinkes, menurut dr. Dwi Heri, memang belum ada agenda melaksanakan pengobatan massal di lokasi banjir.

“Kalau memang ada warga yang mengeluhkan sakit, bisa datang saja ke puskesmas. Harus diperiksa dulu bagaimana, ya lewat proses pemeriksaan seperti biasa. Karena kami belum ada agenda menggelar pengobatan gratis di lokasi-lokasi banjir, karena belum dibutuhkan,” kata dia lagi.

Meski begitu, Dinkes tetap melakukan antisipasi terhadap kondisi alam. Pihaknya, lanjut dr. Dwi Heri, menyiapkan beberapa petugas yang bisa diturunkan sewaktu-waktu jika dibutuhkan di posko banjir. “Jika terjadi banjir, semoga tidak, kami ada petugas yang siap diturunkan untuk membuka posko pengobatan gratis. Kami siap itu,” tegasnya.

sumber : www.radarpekalonganonline.com


Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar