Gebyar HKN ke-59

Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023 di Kota Pekalongan, ditandai dengan dilaksanakannya acara Gebyar HKN ke-59 di lingkungan Setda Kota Pekalongan pada hari Sabtu, 25 November 2023. Ada empat rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Senam Transformasi Kesehatan, Festival Sarapan Sehat, Lomba Jingle ILP dan Launching Posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer).

Rangkaian acara diawali dengan Senam Transformasi Kesehatan yang dipimpin langsung oleh Duta Aktifitas Kesehatan, Aditya SE, didampingi oleh 2 instruktur senam lainnya. Dari ratusan peserta senam tersebut dipilih 10 orang dengan gerakan senam terbaik oleh instruktur senam selaku juri. Acara dilanjutkan dengan Lomba Jingle ILP (Integrasi Layanan Primer) yang diikuti oleh 14 tim kader yang mewakili 14 wilayah Puskesmas di Kota Pekalongan. Bertindak sebagai juri untuk lomba Jingle ILP adalah perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga Kota Pekalongan, serta Guru Vokal.

Di saat yang bersamaan, dilakukan pula penilaian pada Festival Sarapan Sehat oleh tiga orang juri dari Persagi, ICA (Indonesian Chef Association) dan guru SMKN 3 Kota Pekalongan. Ada 52 stand kuliner yang dinilai oleh tim juri. Sementara itu di Ruang Jlamprang Setda, dilakukan kegiatan Launching Posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer) yang dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pekalongan Bapak H. Salahudin, STP yang didampingi Ibu Ketua I TP PKK Kota Pekalongan , Hj. Istiqomah, AMK. Launching Posyandu ILP ditandai dengan penyerahan Sertifikat Penghargaan dan Poster Posyandu ILP secara simbolis kepada 15 Posyandu Percontohan ILP tahun 2023. Sebelum Launching Posyandu ILP, Wakil Wali Kota Pekalongan dan rombongan terlebih dulu melakukan peninjauan secara langsung ke beberapa Stand peserta Festival Sarapan Sehat.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang peserta senam terbaik juara 1,2, dan 3 dan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Festival Sarapan Sehat yang dimenangkan oleh Stand 4 (Puskesmas Dukuh) sebagai juara 1, disusul oleh Stand 46 (Kelurahan Gamer) sebagai juara 2 dan Stand 36 (RSU Anugerah). Selanjutnya untuk Lomba Jingle ILP dimenangkan oleh Tim Kader dari wilayah Puskesmas Bendan sebagai juara 1, disusul oleh Tim Kader dari wilayah Puskesmas Jenggot sebagai juara 2, dan Tim Kader dari wilayah Puskesmas Kramatsari sebagai juara 3.