Gebyar Vaksinasi Imunisasi Dasar Lengkap, Introduksi Vaksin Rotavirus dan Aksi Peduli Stunting (One Day One Egg)

Pada hari Jumat, 17 November 2023, secara serentak di empat kecamatan wilayah Kota Pekalongan, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi Imunisasi Dasar Lengkap, Introduksi Vaksin Rotavirus dan Aksi Peduli Stunting (One Day One Egg) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring anak yang belum lengkap imunisasi. Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap dapat mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi seperti penyakit Hepatitis B, TBC, Difteri, Pertusis, Tetanus, Polio, Campak, Rubella, Pneumonia, Diare. Dengan cakupan imunisasi tinggi akan membentuk kekebalan kelompok dan mencegah penularan penyakit ke anak di lingkungan sekitar. Selain kegiatan pemberian imunisasi, pada acara Gebyar Vaksinasi ini juga dibagikan paket telor dan bingkisan makanan jajanan untuk anak yang hadir sebagai upaya pencegahan terjadinya kelompok rawan stunting.

Pembukaan Gebyar Vaksinasi dipusatkan di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur bertempat di TK Batik PPIP Jalan Kartini No. 50 dihadiri oleh Bapak Wakil Walikota Pekalongan H. Salahudin, STP untuk membuka acara, sedangkan introduksi vaksin rotavirus secara simbolis dilakukan oleh Ketua I TP PKK Kota Pekalongan Ibu Hj. Istiqomah, AMK.