Welcome
Selamat Datang DI Website Resmi Dinas Kesehatan Kota Pekalongan

Tugas dan Fungsi

Dinas Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan kewenangan Daerah di bidang Kesehatan sesuai dengan kebijakan Walikota.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Dinas Kesehatan menyelenggarakan fungsi:

  1. perumusan kebijakan teknis dan pengkoordinasian sistem kesehatan kota;
  2. penyusunan dan pelaksanaan rencana kerja dibidang Kesehatan meliputi Pelayanan Kesehatan, Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan Keluarga;
  3. pengkoordinasian penyelenggaraan survailans epidemiologi, penyelidikan kejadian luar biasa
  4. pengkoordinasian pencegahan dan penanggulangan penyakit dan penyelenggaraan operasional penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana dan wabah;
  5. pengkoordinasian pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan dan penyehatan lingkungan;
  6. pengendalian survailans gizi buruk, penanggulangan gizi buruk dan perbaikan gizi keluarga dan masyarakat;
  7. pengkoordinasian penyelenggaraan pelayanan kesehatan haji;
  8. pengelolaan pelayanan kesehatan dasar dan rujukan sekunder;
  9. pembinaan registrasi, akreditasi, sertifikasi sarana kesehatan dan tenaga kesehatan tertentu sesuai peraturan perundang-undangan;
  10. pengkoordinasian pemberian rekomendasi izin sarana kesehatan tertentu yang diberikan oleh pemerintah dan Pemberian izin sarana kesehatan meliputi rumah sakit pemerintah Kelas C, Kelas D, rumah sakit swasta yang setara, praktik berkelompok, klinik umum/spesialis, rumah bersalin, klinik dokter keluarga/dokter gigi keluarga, kedokteran komplementer, dan pengobatan tradisional;
  11. pengendalian jaminan pemeliharaan kesehatan sesuai kondisi lokal maupun nasional;
  12. pengkoordinasian pemanfaatan dan pendayagunaan serta penyelenggaraan peiatihan teknis tenaga kesehatan maupun tenaga kesehatan strategis;
  13. pengendalian pemberian izin praktik tenaga kesehatan tertentu;
  14. pengkoordinasian penyediaan dan pengelolaan obat pelayanan kesehatan dasar, alat kesehatan, reagensia dan vaksin;
  15. pengkoordinasian pengambilan sampling/contoh sediaan farmasi di lapangan dan pemeriksaan setempat sarana produksi dan distribusi sediaan farmasi;
  16. pengkoordinasian pengawasan dan registrasi  makanan minuman produksi rumah tangga dan sertifikasi alat kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) Kelas I;
  17. pengendalian pemberian rekomendasi izin Pedagang Besar Farmasi (PBF) Cabang, Pedagang Besar Alat Kesehatan (PBAK) dan Industri Kecil Obat Tradisional (IKOT) dan pemberian izin apotik, toko obat;
  18. pengkoordinasian penyelenggaraan promosi kesehatan dan pengelolaan surkesda;
  19. pengkoordinasian pembimbingan dan pengendalian operasionalisasi bidang kesehatan;
  20. pengkoordinasian  penelitian dan pengembangan kesehatan yang  mendukung  perumusan kebijakan;
  21. pengimplementasi penapisan Iptek di bidang pelayanan kesehatan;
  22. pengkoordinasian pengelolaan teknologi infromasi;
  23. pengkoordinasian pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang kesehatan;
  24. penyelenggaraan     pengelolaan    administrasi     umum     meliputi     penyusunan     program, ketatalaksanaan,   ketatausahaan,   keuangan,   kepegawaian,   rumah   tangga,   perlengkapan, kehumasan dan perpustakaan serta kearsipan;
  25. pengkordinasian, pengendalian, pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan kegiatan;
  26. pelaksanaan tugas - tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.