Advokasi Pokjanal Posyandu Tingkat Kota Pekalongan

Dinas Kesehatan Kota Pekalongan melaksanakan Pertemuan Advokasi Pokjanal Posyandu Tingkat Kota Pekalongan pada tanggal 13 Mei 2024 bertempat di Hotel Nirwana Kota Pekalongan yang diikuti oleh segenap anggota Pokjanal Posyandu yang terdiri dari OPD, organisasi profesi, organisasi masyarakat, serta Camat dan Kepala Puskesmas percontohan integrasi layanan primer.

Pertemuan tersebut merupakan bentuk penggalangan dukungan dari lintas sektor terhadap Integrasi Layanan Primer di Posyandu, Pustu dan Puskesmas. Hadir membuka acara sekaligus menjadi narasumber, Ex Officio Ketua Pembina Posyandu Kota Pekalongan, Hj. Inggit Soraya, S.Sn, M.M. Beliau menyampaikan bahwa posyandu di era integrasi layanan primer berbeda, karena pelayanan diberikan untuk semua siklus hidup dari ibu hamil, bayi, balita, remaja, dewasa dan lansia.

Di samping itu, ada mekanisme PWS (pemantauan wilayah setempat) dan kunjungan rumah oleh kader di posyandu yang dikoordinir oleh kader pustu. Integrasi layanan Primer juga diharapkan mendukung upaya penurunan stunting di Kota Pekalongan yang tidak kunjung turun. Hadir pula sebagai narasumber Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Cayekti Widagdo, A.P, M.Si dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dr. Slamet Budiyanto, SKM, M.Kes.