Pertemuan Fasilitasi dan Pembinaan Pokjanal Kabupaten/Kota dalam Rangka Integrasi Layanan Primer (ILP)

Saat ini Kementerian Kesehatan sedang melakukan Transformasi Sistem Layanan Kesehatan Primer di setiap unit pelayanan kesehatan dasar/primer dengan berfokus pada siklus hidup sebagai platform integrasi layanan kesehatan sekaligus sebagai platform penguatan promosi dan pencegahan. Salah satu pelayanan kesehatan primer yang ada di masyarakat adalah Posyandu.

Posyandu merupakan salah satu target dalam pelaksanaan integrasi layanan kesehatan primer dalam melaksanakan upaya promotif dan preventif serta membantu dalam identifikasi masalah kesehatan di tingkat keluarga melalui kunjungan rumah. Bersiap menghadapi perubahan tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Pekalongan menyelenggarakan Pertemuan Fasilitasi dan Pembinaan Pokjanal Kabupaten/Kota dalam Rangka Integrasi Layanan Primer (ILP) pada hari Selasa, 8 Agustus 2023 bertempat di Hotel Nirwana, Kota Pekalongan.

Kegiatan ini diikuti oleh staf Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Pokjanal Kota Pekalongan, dan Pokjanal Kecamatan. Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Bappeda, DPMPPA, dan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. Diharapkan dari kegiatan ini ada tindak lanjut dari Pokjanal untuk melakukan pembinaan untuk dapat terlaksananya integrasi layanan primer di Posyandu. Saat ini telah ditetapkan masing-masing satu Posyandu yang menjadi Center of Exellence untuk setiap wilayah Puskesmas.