Pertemuan Koordinasi LP/LS dalam Pencegahan Penyakit Prioritas dan Penyehatan Lingkungan Pesantren Kota Pekalongan Tahap I

Pesantren sehat merupakan wadah utama penerapan kebijakan kesehatan prioritas gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). Penyelenggaraan pesantren sehat dimulai dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Salah satu tahap yang perlu dilakukan pesantren dalam perencanaan adalah melaksanakan survei mawas diri (SMD).

Dinas Kesehatan Kota Pekalongan pada hari Rabu, 22 Februari 2023 menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Koordinasi LP/LS dalam Pencegahan Penyakit Prioritas dan Penyehatan Lingkungan Pesantren Kota Pekalongan Tahap I bertempat di Hotel Nirwana. Kegiatan ini diikuti oleh pengasuh dan kader Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) dari 5 pesantren di Kota Pekalongan yaitu Ponpes Syafi'i Akrom, Ponpes Modern Qur'an Buaran, Ponpes Darul Ihsan, Ponpes Al Mubarok dan Ponpes Ar-Rohmah. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kabag Kesra, perwakilan dari kantor Kemenag dan petugas Promkes dan Sanitarian Puskesmas yang membina Ponpes yang diundang.

Narasumber pertemuan ini adalah Kabid Kesmas P2P Dinkes Kota Pekalongan dr. Indah Kurniawati, M.Kes. dan Nurngaini, SKM, M.Kes. dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah. Inti dari pertemuan ini adalah memberikan pembekalan kepada peserta terkait survei mawas diri (SMD), untuk selanjutnya peserta dapat mempraktikkan kegiatan SMD di pesantren masing-masing.