Rakor Persiapan Verifikasi Lanjutan Penghargaan KKS Tingkat Nasional

Progam Kabupaten / Kota Sehat di Kota Pekalongan telah berjalan sejak ditunjuknya Kota Pekalongan sebagai salah satu daerah dari 6 Daerah Pilot Project Kota Sehat di Indonesia pada tahun 1998. Sebagai salah satu bentuk pembinaan kepada Pemerintah Daerah yang melaksanakan Program Kabupaten / Kota Sehat (KKS), Pemerintah Pusat melalui Tim Pembina Kabupaten / Kota Sehat Tingkat Pusat memberikan Penghargaan Kabupaten / Kota Sehat Tingkat Nasional, dimana verifikasi penilaiannya dilakukan setiap 2 tahun sekali.

Di tahun 2023 ini, Tim Verifikasi KKS Pusat telah melakukan verifikasi dokumen terhadap 173 Kabupaten / Kota dari 29 Provinsi yang mengikuti Verifikasi KKS Tingkat Nasional. Selanjutnya, berdasarkan Surat Dirjen Bina Bangda Kemendagri RI nomor : 400.5.5/7887/Bangda tentang Pelaksanaan Verifikasi Lanjutan Penghargaan KKS Tingkat Nasional Tahun 2023, Kota Pekalongan terpilih untuk mengikuti verifikasi lanjutan Penghargaan KKS bersama 23 Kabupaten / Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Adapun pelaksanaan verifikasi tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2023 melalui aplikasi zoom meetings yang disediakan oleh Tim Verifikator Pusat. Menindaklanjuti hal tersebut, Tim Pembina Kota Sehat Kota Pekalongan bersama stakeholder terkait melaksanakan Rapat Koordinasi sebagai persiapan menghadapi verifikasi lanjutan Penghargaan KKS Tingkat Nasional.

Rakor dipimpin oleh Asisten 1 Sekda Kota Pekalongan, didampingi oleh Kadinkes Kota Pekalongan dan Ketua Forum Kota Sehat Kota Pekalongan. Dalam Rakor ini disepakati untuk memaksimalkan nilai hasil verifikasi awal dengan memilih 4 Tatanan unggulan, yaitu : Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Tatanan Satuan Pendidikan, Tatanan Perlindungan Sosial dan Tatanan Pencegahan & Penanggulangan Bencana. Sedangkan untuk ke-5 Tatanan yang lain, tetap harus diisi untuk memaksimalkan nilai dengan disertai data pendukungnya. Untuk memastikan kelengkapan berkas verifikasi, akan dilakukan Rakor lanjutan sebelum pelaksanaan Verifikasi Tingkat Nasional.