Sosialisasi dan Pembentukan Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK) di Rumah Konveksi RB Group Pasirsari

Untuk meningkatkan kesehatan pekerja dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja pada pekerja sektor informal, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan pada hari Rabu tanggal 5 Juni 2024 menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan pembentukan Pos UKK (Upaya Kesehatan Kerja) di Rumah Konveksi RB Group Pasirsari Kota Pekalongan.

Pembentukan Pos UKK di tempat kerja bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan pada pekerja, meningkatkan pengetahuan pekerja tentang kesehatan kerja dan meningkatkan kewaspadaan pekerja terhadap risiko dan bahaya kerja. Manfaat Pos UKK bagi pekerja antara lain dapat mendeteksi secara dini permasalahan kesehatan kerja dan memperoleh pelayanan kesehatan kerja yang terjangkau.

Pada kegiatan ini dilakukan sosialisasi tentang pentingnya kesehatan kerja, pembentukan pos UKK, pemilihan kader pos UKK dan juga pelatihan kader tentang cara pengukuran tekanan darah dengan tensimeter digital, pengukuran status gizi pekerja, berat badan, tinggi badan, lingkar perut dan pelaporan kegiatan. Harapannya dengan adanya Pos UKK, pekerja dapat memantau dan menjaga kesehatannya.