Satu Rumah Satu Jumantik

 DBD merupakan penyakit endemis di kota Pekalongan. Tahun 2017 kasus DBD sebanyak 44 kasus dengan kematian 2 orang. DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat nyamuk aedes aegeypti.Siklus nyamuk ini dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa adalah 10 hari.

    Penanggulangan DBD yang paling efektif untuk memutus mata rantai penularan dan membrantas nyamuk adalah dengan menggunakan Pembrantasan Sarang Nyamuk. adalah PSN dengan 3 M. ( Menguras,Mengubur, Menutup)Pengembangan kegiatan PSN melalui posyandu mulai di tingkatkan ,karena melihat kondisi masyarakat yang sangat mengenal ibu-ibu kader mereka dari kegiatan Posyandu yang biasa dilakukan pada setiap bulannya. ini dimaksudkan untuk melatih dan membudayakan masyakarat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Terutama dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya.

Gerakan PSN Pembrantasan Sarang Nyamuk dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan sebagai penanggung jawab program yang dibantu oleh sektoral terkait. Jumantik ini tugasnya secara sukarela melaksanakan pemeriksaan di tempat-tempat penampungan air seperti bak kamar mandi gentong air saluran air disekitar rumah.Selain pemeriksaan jentik yang tak kalah pentingnya adalah penyuluhan tentang PSN dan Penyakit Demam Berdarah seabagai akibat lingkungan yang kurang bersih. kader jumantik yang juga bertugas memberi penyuluhan pada masyarakat  sangatlah penting untuk menyebar informasi kesehatan khususnya untuk mencegah penyakit DBD dan menberikan motivasi kepada masyarakat untuk berperlilaku hidup bersih dan sehat.