Kegiatan Rakor Pokjanal Posyandu Tingkat Kota Pekalongan

Dinas Kesehatan Kota Pekalongan melaksanakan Kegiatan Rakor Pokjanal Posyandu Tingkat Kota Pekalongan dalam rangka Optimalisasi Integrasi Layanan Primer di Posyandu pada tanggal 3 Oktober 2024 di Ballroom Hotel Howard Johnson Pekalongan. Pertemuan tersebut menghadirkan seluruh seluruh anggota Pokjanal Posyandu Kota Pekalongan, Ketua Pokjanal Posyandu Kecamatan dan Kelurahan, Camat, Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan.

Rakor dibuka oleh Plh. Ketua TP PKK Kota Pekalongan sekaligus sebagai Ketua Tim Pembina Posyandu Kota Pekalongan, Hj. Istiqomah, AMK. Hadir memberikan sambutan, Sekda Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Plh. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Irma Makkiyah Sekda Kota Pekalongan selaku Ketua Pokjanal Kota yang diwakili Asisten 1 Setda, H. Soesilo. Pertemuan tersebut menghadirkan 3 narasumber yaitu ; Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dr. Slamet Budiyanto, SKM, M.Kes, dan Tim dari Pokjanal Provinsi Jawa Tengah, Rita Utrajani, SKM, M.Kes dan Siti Nurngaini, SKM, M.Kes dengan moderator Eni Purwanti, S.STP.

Rakor ini membahas hasil Rakornas Posyandu yang telah dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2024 lalu mengenai penguatan posyandu dalam penyediaan layanan 6 SPM serta penguatan kelembagaan Tim Pembina Posyandu dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan sesuai amanat Permendagri No.13 Tahun 2024. Posyandu Integrasi Layanan Primer diharapkan tidak hanya memberikan pelayanan untuk seluruh siklus hidup, tetapi juga menyediakan layanan 6 SPM ( intevensi dibidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan dan pemukiman, sosial dan bidang ketertiban umum dan perlindungan masyarakat (trantibum linmas). Bukan tugas yang mudah bagi posyandu, sehingga butuh kerja keras dan sinergi dari semua pihak agak posyandu dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dengan didukung oleh sumber daya yang memadai.