Monitoring dan Evaluasi Forum Kelurahan Siaga Sehat se-Kota Pekalongan

Program Kota Sehat di Kota Pekalongan telah berjalan sejak ditunjuknya Kota Pekalongan sebagai salah satu dari 6 Daerah Pilot Project Kota Sehat di Indonesia pada tahun 1998. Dalam perkembangannya hingga sekarang, Program Kota Sehat di Kota Pekalongan masih berjalan dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak. Salah satu unsur pendukung tersebut adalah Forum Kelurahan Siaga Sehat (FKSS) yang ada di tingkat kelurahan.

FKSS bersama Forum Kota Sehat (FKS) di tingkat kota dan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) di tingkat kecamatan, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan Program Kota Sehat di Kota Pekalongan. Sebagai suatu organisasi, FKSS tentu saja tidak selamanya berjalan dengan mulus, pasti ada pasang surutnya. Oleh sebab itu, sebagai bentuk pembinaan dan penguatan kelembagaan bagi FKSS, Dinas Kesehatan bersama Forum Kota Sehat (FKS) Kota Pekalongan selama bulan Mei 2023 ini melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) FKSS se-Kota Pekalongan.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan Kota Pekalongan dalam menghadapi Verifikasi Penghargaan Kota Sehat Tahun 2025. Dimana data-data yang dibutuhkan dalam Verifikasi tersebut adalah data tahun 2023 dan tahun 2024. Dalam kegiatan ini, unsur utama yang dievaluasi adalah Aspek Kelembagaan FKSS, antara lain : Legal Aspek (adanya SK FKSS), Aktifitas anggota FKSS (anggota aktif disertai bukti daftar hadir dan notulen kegiatan), Rencana Kerja FKSS (ada dan terdokumentasi dengan baik), Kegiatan FKSS (adanya kegiatan sesuai tatanan disertai bukti-bukti) dan Sumber Dana Kegiatan FKSS (dukungan dana dari pemerintah, swasta atau masyarakat disertai bukti).

Kegiatan ini melibatkan personil dari Dinas Kesehatan Kota Pekalongan (Sub Koordinator dan para Pengelola Program Promosi & Pemberdayaan Kesehatan) serta Ketua & beberapa Pengurus Forum Kota Sehat (FKS) Kota Pekalongan yang didampingi oleh Petugas Promkes Puskesmas dari masing-masing wilayah kelurahan binaan Puskesmas.