Pembinaan dan Evaluasi PHBS di Institusi Pendidikan (Pondok Pesantren)

Sektor pendidikan mempunyai peran penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas. Di Indonesia, ada berbagai macam model sistem pendidikan salah satunya adalah Pesantren. Balkesmas wilayah Semarang menyelenggarakan Pertemuan Pembinaan dan Evaluasi PHBS di Institusi Pendidikan (Pondok Pesantren) difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kota Pekalongan pada hari Rabu, 14 Juni 2023 bertempat di Aula TP PKK Jalan Bahagia No. 25 Kota Pekalongan.

Pertemuan ini diikuti oleh perwakilan dari Kantor Kemenag Kota Pekalongan, Bagian Kesra Setda Kota Pekalongan, dan FKPP (Forum Komunikasi Pondok Pesantren), santri dan pengasuh dari empat Ponpes yang ditunjuk beserta petugas Promkes yang mendampingi. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Kesehatan, HAKLI, PPPKMI, dan Balkesmas wilayah Semarang.

Pada pertemuan ini disampaikan materi Peningkatan PHBS melalui Pengendalian Faktor Risiko Lingkungan dan Perilaku di Ponpes, Mengenali Faktor Risiko Lingkungan di Ponpes, Mengenali Faktor Risiko Perilaku di Ponpes, serta Survei Mawas Diri Faktor Risiko Lingkungan dan Perilaku di Pondok Pesantren. Setelah pertemuan ini diharapkan Pondok Pesantren dapat melaksanakan Survei Mawas Diri untuk selanjutnya menentukan prioritas masalah kesehatan di Ponpes dan merencanakan tindak lanjut penanganan masalah tersebut.