Pengukuran Kebugaran Jasmani Pegawai Dinas Kesehatan Kota Pekalongan

Kebugaran adalah kemampuan tubuh dalam menyesuaikan beban fisik yang diterima karena melakukan kegiatan sehari-hari. Kebugaran merupakan suatu kebutuhan yang perlu dipenuhi seseorang agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa mengalami gangguan kesehatan dan kelelahan yang berlebih. Pekerja yang bugar tentunya akan lebih sehat dan lebih produktif.

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar, seseorang perlu berlatih fisik/olahraga secara rutin dan dengan program latihan yang tepat. Untuk menentukan status kebugaran dan juga program latihan yang tepat, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan pada hari Jumat tanggal 5 Mei 2023, menyelenggarakan pengukuran kebugaran jasmani bagi pegawai Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. Kegiatan ini ditujukan untuk mengetahui kondisi kebugaran tubuh pegawai apakah dalam kategori baik, cukup, atau kurang. Selanjutnya masing - masing pegawai akan mendapatkan rekomendasi latihan fisik yang sesuai sehingga dapat mempertahankan atau meningkatkan kebugaran tubuhnya.

Ada 2 metode pengukuran kebugaran yang digunakan yaitu metode Rockport (jalan atau lari sejauh 1,6 km) dan metode Jalan 6 Menit. Kedua metode tersebut direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk diterapkan dalam pengukuran kebugaran karena dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Harapannya kegiatan ini dapat memicu semua pegawai untuk melakukan latihan fisik yang baik, benar, terukur dan teratur, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuhnya.