Pertemuan Koordinasi Kesehatan Reproduksi Remaja di Sekolah dan Pembinaan Guru UKS Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah program pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan dan pembinaan lingkungan sehat atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah. Melalui program UKS diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal, agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Beberapa hal yang menjadi prioritas permasalahan di sekolah adalah implementasi Germas di sekolah, pencegahan anemia pada remaja putri dengan Teblet Fe, dan kesehatan reproduksi remaja.

Pada hari Rabu, tanggal 19 Oktober 2022 Dinas Kesehatan Kota Pekalongan mengadakan Pertemuan Koordinasi Kesehatan Reproduksi Remaja di Sekolah dan Pembinaan Guru UKS Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022. Peserta pertemuan ini adalah guru UKS SD, SMP, SMA di wilayah Kota Pekalongan. Kegiatan ini bertempat di Ruang Sidang Paripurna Gedung DPRD Kota Pekalongan. Tujuan pertemuan ini antara lain adalah meningkatkan pendidikan Germas di sekolah/madrasah, meningkatkan pemahaman guru UKS terkait kesehatan reproduksi dan perkembangan seksual anak dan remaja, dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru UKS tentang anemia dan tablet tambah darah (TTD).

Dinas Kesehatan menggandeng narasumber dari internal Dinas dan Kesehatan yaitu Kabid Kesmas P2P dr. Indah Kurniawati, M.Kes dan Sub Koordinator Seksi Kesga Gizi Puti Edi Prihatin, AMG, juga narasumber pakar psikolog dari DPMPPA yaitu Nur Agustina, S.Psi,MM. Setelah kegiatan ini diharapkan guru UKS dapat memberikan pendampingan konseling kesehatan reproduksi pada siswa sesuai usia dan dapat menerapkan penggunaan aplikasi ceria oleh remaja putri yang mengkonsumsi tablet Fe.