Pertemuan Penguatan UKBM Pos Upaya Kesehatan Kerja (Pos UKK)

Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader Pos UKK dalam mengidentifikasi faktor risiko penyakit tidak menular dan risiko bahaya di tempat kerja, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan pada hari Selasa tanggal 28 Februari 2023, menyelenggarakan pertemuan penguatan UKBM pos UKK bagi petugas kesehatan kerja dan kader kesehatan di Pos UKK. Kegiatan ini dihadiri oleh 44 orang peserta yang terdiri dari perwakilan pengurus atau kader Pos UKK, serta petugas kesehatan kerja puskesmas se-Kota Pekalongan.

Pada kegiatan seluruh peserta dilatih untuk menyusun program kerja Pos UKK yang lebih inovatif yang mengutamakan upaya promotif, preventif dan kuratif sederhana sesuai kemampuan Pos UKK. Peserta juga dilatih untuk menyusun daftar risiko bahaya di tempat kerja baik itu di industri rumah tangga batik, rumah makan dan perkantoran yang meliputi bahaya fisik (panas, debu, pencahayaan, benda tajam), bahaya kimia (dari bahan kimia yang digunakan), bahaya biologi, ergonomi kerja dan psikososial.

Harapannya kegiatan penguatan UKBM Pos UKK ini dapat melindungi para pekerja agar hidup sehat, produktif dan terbebas dari gangguan kesehatan akibat pekerjaan. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan para pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat kerja.