Skrining dan Deteksi Dini Tuberkulosis di SMK N 02 Kota Pekalongan

Pekalongan - Selasa, 07 Mei 2024, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan dan UPT Puskesmas Bendan melaksanakan kegiatan Skrining dan Deteksi Dini Tuberkulosis di SMK N 02 Kota Pekalongan. Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program eliminasi Bebas TBC di tahun 2030 dan untuk mencegah penularan penyakit TB khususnya di lingkungan sekolah. Sasaran kegiatan tersebut adalah guru, pegawai dan siswa yang memiliki gejala awal penyakit TB.

Selain skrinning dan deteksi dini, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyuluhan tentang pencegahan dan penanggulangan TBC serta pengambilan dahak bagi siswa yang memiliki gejala TBC. Dari kegiatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan notifikasi kasus TBC melalui kegiatan skrining yang ada di sekolah dan dapat menemukan kasus TBC serta mengobati sampai sembuh.

Wasor TB Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Indayah Dewi Tunggal, S.Kep. menyatakan "Karena banyak anak usia sekolah yang terkena TBC, harapannya guru yang ada di kota Pekalongan bisa melakukan deteksi dini penyakit TB. Apabila ada siswa yg sering batuk atau batuk tidak sembuh-sembuh bisa merujuk ke Puskesmas terdekat".