Sosialisasi Kesehatan Kerja dan Advokasi Pelaksanaan GP2SP (Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif) bagi perusahaan di Kota Pekalongan.

Untuk meningkatkan kesehatan pekerja terutama pekerja perempuan, Dinas Kesehatan Kota Pekalongan pada hari Rabu tanggal 2 November 2022 menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Kesehatan Kerja dan Advokasi Pelaksanaan GP2SP (gerakan pekerja perempuan sehat produktif) bagi perusahaan. GP2SP merupakan salah satu upaya pemerintah, masyarakat, maupun pemberi kerja dan serikat pekerja untuk menggalang dan berperan serta guna meningkatkan kepedulian dan mewujudkan upaya memperbaiki kesehatan pekerja perempuan.

Program GP2SP bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), meningkatkan status kesehatan dan gizi pekerja perempuan mencapai produktivitas kerja yang maksimal dan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 56 orang perwakilan perusahaan di kota pekalongan, asosiasi pengusaha, serikat pekerja dan tim teknis pembina GP2SP Kota Pekalongan.

Pada kegiatan ini peserta disosialisasikan tentang kesehatan kerja dan program GP2SP, sosialisasi penyakit anemia yang banyak terjadi pada pekerja perempuan dan dampaknya, juga pemaparan tentang pelaksanaan program GP2SP yang sudah berjalan di salah satu perusahaan di Kota Pekalongan. Harapannya dengan kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan para pengusaha dan pekerja tentang program GP2SP dan meningkatkan komitmen perusahaan untuk menerapkan GP2SP. Pekerja perempuan yang sehat dan produktif, tentunya akan meningkatkan produktifitas perusahaan dan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa.